Thursday, November 19, 2015

Resep Tumis Pare Pedas Pendongkrak Semangat

http://www.dapurrebellina.blogspot.com
tumis pare pedas, resep dan foto milik pribadi dapurrebellina.blogspot.com
Dulunya saya tidak suka pare. Padahal belum pernah ngerasainnya sama sekali. Hanya karena bentuk buah/sayurnya yang gerutulan membuat pikiran saya belum apa-apa sudah menolak untuk menyicipi rasanya. Sampai saya melihat mama saya kok begitu lahap makan sayur pare yang ditumis dengan tauco dan udang. Akhirnya saya beranikan diri deh coba-coba menyicipi sedikit. Eh, enak. Yang awalnya niat nyicipi, keterusan makan deh pake tumis pedas pare ala mama. Sejak itu, saya suka pare. tentu saja pakai cabe!


Karena pengalaman masa kecil itu, saya mengajarkan juga pada anak-anak agar tidak menolak suatu makanan (asal halal) sebelum mencobanya. Begitu pula dengan sayur pare ini. Saya sih suka bikin tumis pare pedas ini kalau lagi swing mood. Lumayan buat ngembalikan semangat yang lagi kacau balau. Entah kenapa, paduan pahit pare dan pedas cabe mampu membuat swing mood saya berkurang dan menambah semangat untuk melakukan kegiatan positif lagi.

Mau coba resep pare pedas ala saya? Mana tahu perasaan mellow dan galau bisa langsung enyah :)
Berikut resep dan cara pembuatannya :

Bahan:
350 gr pare/paria
25 gr rebon/(udang kering). Skip saja bila tidak ada
100 gr teri medan (atau teri yang berukuran kecil)
25 buah cabe rawit merah
5 buah cabe merah
7 butir bawang merah
3 siung bawang putih
Seruas jahe
2 lembar daun salam
2 sdm saos tiram
1 sdm tauco
Air secukupnya
Garam, gula secukupnya
Penyedap rasa, optional
Minyak untuk menumis

Cara membuat:
Cuci bersih pare, belah dua. Buang isinya. Iris buah pare dengan ketebalan sedang (sekitar 3 mm-sesuai selera). Beri garam, remas-remas sebentar hingga layu. Diamkan sekitar 5 – 10 menit. Kemudian cuci bersih, tiriskan.

Goreng teri medan hingga kering. sisihkan
Haluskan cabe rawit, bawang merah, bawang putih, jahe, dan rebon. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus beserta daun salam hingga harum. Masukkan tauco dan saus tiram. Aduk rata. Tambahkan pare. Aduk rata hingga pare setengah matang. Beri air sedikit, didihkan.

Beri garam dan gula. Cicipi dan sesuaikan dengan selera. Bila sudah pas, dan pare telah ¾ matang,  masukkan teri medan yang telah di goreng. Aduk rata. Angkat. Sajikan dengan nasi hangat.
http://www.dapurrebellina.blogspot.com
tumis pare pedas ala dapurrebellina


Untuk 4 porsi.

Semoga sesuai selera ya, dan selamat mencoba 




4 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Terima kasih resepnya, btw saya punya tips ngilangin pahitnya pare, bisa dibaca di blog saya, tips menghilangkan rasa pahit sayur pare

    ReplyDelete
  3. sewa tenda dome, rental tenda dome, matras, sleepingbag, peralatan outdoor, kompor lapangan

    Toko ScoutAddict Kediri
    Info WA. 081222165002


    sewa tenda kediri, rentas tenda kediri, sewa tenda pare, rental tenda pare, sewa tenda nganjuk, rental tenda nganjuk, sewa tenda blitar, rental tenda blitar, sewa tenda tulungagung

    ReplyDelete

Senang banget bila teman-teman yang mampir mau memberi komentarnya. Komentar teman-teman akan membantu saya lebih berkembang ke depannya. Salam, Rebellina :)